etika dan stakeholder

May 10, 2010

Baik dari segi moral dan hakikat manusia maupun dari segi hakikat kegiatan bisnis itu sendiri, semua kiranya sepakat bahwa tidak benar kalau para manajer hanya punya tanggung jawab dan kewajiban moral kepada para pemegang saham saja. Sebagai manusia dan sebagai manajer sekaligus mereka mempunyai tanggung jawab dan kewajiban moral sekian banyak orang dan pihak lain yang berkaitan dengan kegiatan operasi bisnis perusahaan yang dipimpinnya. Mereka mempunyai tanggung jawab dan kewajiban moral untuk memperhatikan hak dan kepentingan karyawan, konsumen, pemasok, penyalur, masyarakat setempat, dan seterusnya. Singkatnya, tanggung jawab dan kewajiban moral manajer tidak hanya tertuju kepada shareholder saja namun juga kepada stakeholder pada umumnya.


1. Etika dan Konsumen
Kerangka perlindungan konsumen pertama kali di dibentuk pada masa pemerintahan Kennedy, yakni pada pidatonya didepan kongres mengenai konsumen pada tahun 1962. Presiden Kennedy menggambarkan empat hak konsumen,. Keempat hak tersebut meliputi hak atas keamanan, hak untuk didengar, hak untuk memilih, dan hak untuk mendapat informasi. Pesan dan perundang-undangan yang dihasilkan sebagai dasar gerakan konsumen sekarang ini.
Menurut sebagian orang, produk dan jasa harus diproduksi dan disampaikan menurut teori "berhati-hati sebagaimana mestinya", yang meliputi:
  • desain produk dan jasa harus memenuhi semua peraturan dan ketentuan pemerintah dan aman dibawa semua kondisi yang dapat diramalkan, termasuk pemakaian yang salah oleh konsumen
  • bahan baku harus sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah dan cukup bertahan untuk pemakaian yang layak
  • produksi produk-produk harus dibuat tanpa cacat
  • pengawasan mutu produk harus diperiksa secara teratur
  • kemasan, pemberian label dan peringatan produk-produk harus dikemas secara aman dengan petunjuk-petunjuk yang jelas dan juga penjelasan mengenai segala bahayanya
  • para pengusaha harus mempunyai sistem untuk mengingat produk-produk yang ternyata membahayakan pada suatu waktu setelah pembuatan dan penyaluran
dari teori diatas dapat dihubungkan dengan beberapa hal yang berkaitan dengan etika, yakni:
  • Keamanan Produk: kewajiban etis perusahaan adalah memproduksi produk atau jasa yang bermutu dan menjamin produk-produk dan jasa yang dihasilkan mempunyai mutu yang diterima para konsumen
  • Pemasangan Iklan: iklan yang dihasilkan haruslah bertanggung jawab terhadap isi dari iklan tersebut juga dampak yang diakibatkannya

2. Etika dan Pegawai
Organisasi memiliki banyak kewajiban etis terhadap para pegawai mereka. Beberapa diantaranya meliputi hak atas privacy, hak untuk tidak dipecat tanpa sebab, hak atas perlindungan dan perlakuan adil dan hak kebebasan untuk berbicara.

3. Etika dan Lingkungan
Etika lingkungan dapat diartikan sebagai dasar moralitas yang memberikan pedoman bagi individu atau masyarakat dalam berprilaku atau memilih tindakan yang baik dalam menyikapi segala sesuatu yang berkaitan dengan lingkungan sebagai kesatuan pendukung, kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan umat manusia dan makhluk hidup lainnya.
Tujuan etika lingkungan adalah untuk melindungi lingkungan udara, air, bumi dari kegiatan bisnis dan individu.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts