etika dan stakeholder
May 10, 2010Baik dari segi moral dan hakikat manusia maupun dari segi hakikat kegiatan bisnis itu sendiri, semua kiranya sepakat bahwa tidak benar kalau para manajer hanya punya tanggung jawab dan kewajiban moral kepada para pemegang saham saja. Sebagai manusia dan sebagai manajer sekaligus mereka mempunyai tanggung jawab dan kewajiban moral sekian banyak orang dan pihak lain yang berkaitan dengan kegiatan operasi bisnis perusahaan yang dipimpinnya. Mereka mempunyai tanggung jawab dan kewajiban moral untuk memperhatikan hak dan kepentingan karyawan, konsumen, pemasok, penyalur, masyarakat setempat, dan seterusnya. Singkatnya, tanggung jawab dan kewajiban moral manajer tidak hanya tertuju kepada shareholder saja namun juga kepada stakeholder pada umumnya.
- desain produk dan jasa harus memenuhi semua peraturan dan ketentuan pemerintah dan aman dibawa semua kondisi yang dapat diramalkan, termasuk pemakaian yang salah oleh konsumen
- bahan baku harus sesuai dengan peraturan yang ditetapkan pemerintah dan cukup bertahan untuk pemakaian yang layak
- produksi produk-produk harus dibuat tanpa cacat
- pengawasan mutu produk harus diperiksa secara teratur
- kemasan, pemberian label dan peringatan produk-produk harus dikemas secara aman dengan petunjuk-petunjuk yang jelas dan juga penjelasan mengenai segala bahayanya
- para pengusaha harus mempunyai sistem untuk mengingat produk-produk yang ternyata membahayakan pada suatu waktu setelah pembuatan dan penyaluran
- Keamanan Produk: kewajiban etis perusahaan adalah memproduksi produk atau jasa yang bermutu dan menjamin produk-produk dan jasa yang dihasilkan mempunyai mutu yang diterima para konsumen
- Pemasangan Iklan: iklan yang dihasilkan haruslah bertanggung jawab terhadap isi dari iklan tersebut juga dampak yang diakibatkannya
0 comments